Skip to content

Bersyukur bisa Menjaga Kesehatan Mental Lho ! Begini Caranya

Eits… 

Bukan berarti orang yang mengalami gangguan mental karena mereka kurang bersyukur ya  tapi memang dengan bersyukur ada beberapa manfaat nih yang akan kita dapatkan seperti : 

Menjaga kesehatan mental dan meningkatkan motivasi 

Pernah nggak sih kamu ketika mengalami kegagalan, melakukan kesalahan atau merasa terpuruk, kemudian kamu teringat ada hal yang masih bisa kamu syukuri misalnya “Aku dimarahi ketika melakukan kesalahan, tapi Aku bersyukur kali ini lebih bisa mengendalikan emosi, tidak marah-marah dan menyalahkan diri sendiri, jadi Aku bisa segera mengambil pelajaran dan memperbaiki diri”  

Ketika kamu menemukan hal yang bisa kamu syukuri, apa yang kamu rasakan? lebih lega bukan ? itulah manfaat bersyukur, bisa memberikan perasaan lega, kepuasan, bahagia, memberi energi positif dalam diri sehingga lebih semangat untuk melanjutkan aktivitas, dan tidak lama terbelenggu dalam kesedihan. 

Bersyukur bisa mengurangi suasana hati yang tertekan

Kok bisa ? iya karena bersyukur akan membuatmu mengingat pencapaianmu sekecil apapun, membuatmu mengingat kejadian menyenangkan yang kamu syukuri sehingga membuat suasana hati menjadi lebih baik. Ada perasaan bahagia yang muncul, ada rasa menghargai diri sendiri dan itu bisa melepasmu dari perasaan tertekan sehingga suasana hatimu menjadi lebih baik 

Bersyukur membuat kita menjadi berpikir positif sehingga mudah beradaptasi dengan masalah  

Sebuah penelitian menemukan bahwa rasa syukur akan membuat seseorang membingkai situasi yang negatif dengan penafsiran yang positif seperti contoh kalimat ini “Saya diberhentikan dari kerja, tapi saya bersyukur memiliki keluarga yang suportif” sehingga akan dihasilkan lebih banyak emosi positif daripada emosi negatif. Studi yang dilakukan oleh Robert Emmons, Ph.D., dari University of California, mengatakan bahwa praktik syukur yang teratur dapat membantu seseorang ‘menghargai hidup sepenuhnya’ bahkan ketika melewati masa sulit dalam hidupnya.  

Mau tambah bahagia ? Yuk tambahin bersyukurnya 

Penelitian yang dilakukan Triantono Safaria menunjukkan bahwa rasa syukur adalah salah satu faktor yang menciptakan kebahagiaan di kalangan mahasiswa. Bersyukur akan membuat seseorang merasa puas akan kehidupannya, optimis, dan menurunkan resiko depresi serta iri hati. Orang-orang yang bersyukur juga memiliki tingkat keramahan yang tinggi lho. Mereka lebih suka membantu, mendukung, memaafkan, dan lebih berempati terhadap orang lain.

Thanful girl
image source: www.freepik.com

Nah, banyak sekali kan manfaat yang akan kita dapatkan dari bersyukur. Lalu bagaimana cara membiasakan diri untuk bersyukur ? Begini caranya. 

1. Membuat gratitude journal 

Waktu paling pas membuat gratitude journal adalah di penghujung hari atau sebelum tidur. Tuliskan apa yang kamu syukuri pada hari itu dan tulis mengapa hal itu membuat kamu merasa bersyukur 

2. Tulis catatan atau ucapkan terima kasih 

Mengucapkan terima kasih atas bantuan ‘sekecil’ apapun yang diberikan padamu bermanfaat untuk meningkatkan rasa syukur lho 

3. Tuliskan hal yang bisa kamu syukuri 

Seperti bernapas, meskipun kita tidak sadar tapi itu adalah hal yang sangat perlu kita syukuri. Sesederhana apapun, catat hal yang bisa kamu syukuri seperti organ fisik yang masih utuh dan berfungsi sempurna, bersyukur karena meskipun gagal tapi tidak patah semangat, bersyukur  karena bisa mengontrol emosi marah meskipun sebenarnya ingin meledak atau kamu bersyukur karena kamu diberikan kesempatan untuk menuliskan hal yang kamu syukuri sehingga kamu menjadi tenang dan lebih menghargai dirimu 

4. Memikirkan orang lain 

Salah satu cara menumbuhkan rasa syukur adalah memikirkan seseorang yang sudah baik kepadamu dan berterima kasihlah dalam hati dan pikiranmu. Kamu juga bisa memikirkan bahwa tidak semua orang berada pada kondisi seberuntung dirimu saat ini. Kamu mungkin tidak menyukai kondisimu saat ini, tapi bisa jadi kondisimu lah yang diinginkan orang lain 

5. Berdoa 

Bukan hanya ketika beribadah, tapi kamu bisa membiasakan syukur dengan membiasakan berdoa dalam aktivitasmu sehari-hari lho !  

Yuk kita coba mempraktikkan tips nomor 1 – 5, kamu bisa melengkapi titik-titik dengan kalimat sesuai versimu ya !  

Hari ini aku merasa…… karena….

Aku berterima kasih pada……. karena ….. 

dan Aku bersyukur hari ini aku…… karena…. 

Posisiku saat ini mungkin banyak diinginkan orang lain 

Aku berharap semoga …….

 

6. Meditasi Mindfulness 

Kamu bisa melakukannya dengan meluangkan waktu untuk berfokus pada apa yang terjadi saat ini dan apa yang kamu rasakan. Ketika meditasi dan banyak pikiran muncul, kamu bisa hanya ‘melihat’ pikiranmu seperti misalkan kamu sedang meditasi, duduk tenang di lantai dan menikmati, benar-benar merasakan kenyamanan rumahmu kemudian pikiran bahwa tugas deadline 2 hari lagi belum selesai. Nah, ketika pikiran itu muncul kamu hanya perlu ‘melihatnya’ tanpa memberikan respon seperti “duh belum selesai nih, setelah ini Aku akan mengerjakan tugas” “oh ada tugas itu, kayaknya kemarin Aku sudah menemukan jawabannya, tinggal disalin setelah ini”. 

Meditasi mindfulness, selain mengurangi kecemasan juga bisa membuatmu lebih sadar dan mensyukuri atas apa yang terjadi saat ini.  

“Aku bersyukur pada Tuhan atas apa yang aku miliki dan atas apa yang tidak aku miliki”

Agnes Monica

References

Katherine Nelson, S. Lyubomirsky, S. 2016.  Gratitude. USA : University of California 

Paula Felps. Gratitude Can Improve Our Physical, Mental, and Emotional Health. 

Safaria, Triantoro. 2014. Forgiveness, Gratitude, and Happiness among Collage Student. Volume 3. Nomor 4. Halaman 241- 245

Like This

Share This

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp